Minggu, 22 Januari 2012

BELAJAR MEMBUAT SPIRAL (Perintah HELIX dan SWEEP)


1. Helix merupakan fasilitas untuk membuat objek 3D solid yang mempunyai bentuk Pusaran atau Spiral. Prinsip pembuatan helix pertama menentukan arah putaran, jumlah lilitan, radius bawah helix kemudian radius atas helix, setelah itu tentukan tinggi helix.

Command: helix
Number of turns = 3.0000 Twist=CCW (isi jumah putaran, dan arah putaran)
Specify center point of base: (tentukan titik pusat, bebas sembarang tempat)
Specify base radius or [Diameter] <1.0000>: 20 (tentukan radius bawah)
Specify top radius or [Diameter] <20.0000>: 5 (tentukan radius atas)
Specify helix height or [Axis endpoint/Turns/turn Height/tWist] <1.0000>: 50 (tentukan tinggi)

Gambar 1. Hasil Helix



2. Sweep
merupakan fasilitas untuk meneruskan objek (1), sepanjang patch/lintasan (objek 2).
Contoh :
Kita buka dan lanjutkan hasil helix diatas tadi (Gambar 1),
Lalu kita buat sebuah lingkaran kecil dengan radius 5 dan kita tempelkan di ujung bawah helix (lihat Gambar 2)
Gambar 2 (gambar helix+lingkaran kecil)




Command: sweep
Current wire frame density: ISOLINES=4
Select objects to sweep: 1 found (klik pada lingkaran kecil)
Select objects to sweep: (tekan enter, untuk mengakhiri seleksi)
Select sweep path or [Alignment/Base point/Scale/Twist]: (pilih object helic/ patch, lalu enter)


Gambar 3 (hasil patch helix setelah di sweep)











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KABAR GEMBIRA KURSUS SUDAH ADA DI PURWOKERTO, BANYUMAS DAN SEKITARNYA