Sabtu, 23 Juli 2011

Agar Rumah Mungil Kita Sejuk dan Sehat

gbr. sirkulasi udara yang disarankan


"Rumah seperti apa yang ingin anda ciptakan? Sehat dan nyaman adalah dua kondisi ideal untuk rumah. Dua hal ini sangat berkait erat, jika syarat kesehatan sudah dipenuhi, maka rasa nyamanpun akan mudah didapat."


Satu pedoman yang harus diingat dalam melakukan pengembangan rumah agar tercipta kondisi yang sehat dan nyaman adalah ventilasi dan sirkulasi udara yang baik, pencahayaan alami cukup, pencapaian antar ruang efisien, standar keamanan terpantau (peralatan listrik, gas, teralis, kunci), dan sumber air (PAM, pompa listrik, sumur)


Sirkulasi Udara.

Agar udara bisa leluasa bergerak di dalam rumah, buatlah langit-langit cukup tinggi (minimal 2.8 m) atau buat salah satu ruangan bersama (missal ruang keluarga menyatu dengan ruang makan) tanpa menggunakan langit-langit, tetapi beri jendela kecil atau lubang ventilasi di atas dindingnya. Untuk rumah bertingkat, usahakan memanfaatkan mezzamine, yaitu balkon didalam rumah, sehingga dari lantai atas kita bisa melihat ke bawah. Langit-langit atau atap di atas mezzamine tersebut dibut lebih tinggi lagi.


Dengan adanya ruang yang tinggi dan berventilasi, udara akan leluasa bergerak. Udara panas yang berat jenisnya lebih ringan dengan sendirinya naik ke atas. Jadi kita yang berada di bawah akan merasakan udara yang sejuk daripada diatas.


Perlunya Taman.

Taman memiliki manfaat penyaring suara bising, penyaring udara, dan juga debu, serta buffer atau pelindung, taman depan bisa ditanami pohon yang sekaligus berfungsi sebagai peneduh, sedangkan untuk kelengkapanya bisa dipilih bermacam semak atau perdu serta dikombinasikan dengan penutup tanah atau ground cover berupa rumput




Tips memilih bahan material agar rumah sejuk

- Dinding : untuk dinding bisa menggunakan batu-bata sebag batu bata dapat menolak panas dan membuat dingin rumah tetap terasa dingin meskipun bagian luar terkena sinar matahari.

- Atap : jangan menggunakan atap berbahan metal, selain menimbukan berisik juga menimbulkan panas. Lebih baik gunakan genteng keramik yang merupakan peredam panas.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KABAR GEMBIRA KURSUS SUDAH ADA DI PURWOKERTO, BANYUMAS DAN SEKITARNYA